You are the Universe, Ma

Ma, aku belum bisa buat Mama tersenyum, senang dan bahagia
yang sering aku lakukan hanyalah hal-hal yang membuatmu kesal
maafkan aku Ma, yang terlalu tak bermanfaat ini

aku masih sering kali berbohong
padahal aku yakin bahwa kau tahu kalau aku berbohong
namun kau tak marah sedikitpun
kau tetap mendo’akanku, mengharapkanku pulang dengan selamat,
agar bisa bercengkrama di rumah,
agar bisa membelai anak yang kau besarkan dengan penuh kasih sayang ini

Ma, begitu tulus Engkau dalam mengasihiku
tak sedikitpun kau mengeluh, kau berjalan siang malam
berkorban untuk anakmu dengan berpeluh
justru aku yang sering mengeluh di sela-sela kasih sayangmu
seringkali aku masih membantahmu, bahkan mungkin membentakmu
masih sering kata ahh, itu terucap dariku saat kau meminta tolong padaku
padahal hanya untuk permintaan tolong saja, aku enggan untuk memenuhinya

Ma, mungkin dalam tidurku kau selalu membelaiku
memberikan tempatmu yang paling nyaman agar anakmu ini tidak merasakan sakit
namun aku tak menyadari itu
aku tak paham akan kasih sayangmu,
tak sedikitpun aku bisa membalas semua itu
maafkan aku Ma

Ma, kurang lebih sembilan bulan kau mengandungku
waktu itu saja aku sudah menyusahkanmu
aku menendangmu hingga kau meringis kesakitan
tak bisa diam aku di dalam sana, aku terus mengganggumu
mungkin waktu istirahatmu berkurang karena ulahku itu
namun kau tetap ikhlas untuk melahirkanku, dan mengasuhku hingga besar seperti saat ini
dan ketika besar ini apa yang kau dapatkan dariku
hanya tingkah-tingkah yang tak mengenakkan hati
hanya kelakuanku yang membuat hatimu terasa sakit, itu Ma yang kuberikan padamu
betapa tak bersyukurnya aku Ma

tahukah kau Ma, akhir-akhir ini aku sedang belajar darimu
ilmu yang tak akan pernah habis untuk dipelajari
ilmu yang selama ini kau gunakan untuk menghadapiku
namun, aku tak bisa sepertimu Ma,
ilmu ikhlas ini terlalu berat untuk kupelajari, hingga akhirnya aku sempat berpikir bahwa aku harus ikhlas untuk tidak mempelajarinya

kau lah yang paling berhasil dalam mempelajari dan menerapkan ilmu ini dalam kehidupan
kau masternya dalam ilmu ini
kau begitu ikhlas mengandungku
kau begitu ikhlas melahirkanku
kau begitu ikhlas mengasuhku, hingga aku sebesar ini, itulah dirimu Ma,
kaulah hakikat dari keikhlasan itu sendiri
aku ikhlas Ma, punya Mama yang hebat seperti Engkau
tak akan pernah ada yang bisa menggantikanmu dalam setiap do’aku.

Ma, terlalu banyak dan tak terhitung kebaikanmu padaku
aku hanya bisa berdo’a semoga Allah menjagamu, mengasihimu dan memberikan yang terbaik untukmu tanpa satu pun ada kekurangan
sungguh Ma, aku ingin membuatmu tersenyum bahagia
setidaknya untuk mengikis rasa bersalahku padamu yang terlampau menggunung ini
aku tak kan mungkin bisa membalas seluruh kebaikan yang pernah, sedang dan akan terus engkau berikan, yang ku tak tahu sampai kapan, namun aku yakin inilah yang tak kan kau henti-henti untuk kau berikan padaku,
kebaikanmu padaku, kasih sayangmu padaku, cintamu padaku, Ma

Ma, kaulah makhluk menakjubkan bernama manusia, yang terbungkus darah dan daging dan sedang berjalan dalam dunia ini, itu tak bisa ditawar lagi olehku
Ma, terlalu banyak kasih sayangmu yang tak akan bisa kutuliskan satu persatu
walaupun sudah kubaca banyak buku dan kamus untuk mencari dan mendefinisikan kasih sayang, pengorbanan dan cintamu itu
kaulah segalanya bagiku
kaulah lentera yang sebenarnya dalam hidupku, dan aku rindu, Ma
aku rindu dirimu yang luar biasa itu, sangat rindu

‘…. you’re a driver not a passenger in life, and if you’re ready, you won’t have to try cause you are the universe, and there ain’t nothin’ you can’t do, if you conceive it, you can achieve it, that’s why I believe in you, Ma…. ‘

Tinggalkan Balasan

