Untuk Saya di Masa Depan

Untuk saya. Sudah retrospeksinya??. Atau introspeksinya??. Saya harap sudah. Karena esok hari, senyum ini sudah harus merekah lagi. Jangan pernah biarkan wajah ini dibalut kesuraman. Hiasi selalu dengan senyuman. Dan selalu ingin memaafkan. Saya juga ingin selalu memaafkan.

Sungguh saya harap kamu tahu dan mengerti. Tentang kenapa saya seperti ini. Kalau kamu bilang ’emang enak diginiin’??. Jelas, sangat tidak enak. Saya tahu itu. Tapi, silahkan saja jika ingin marah. Saya tidak akan menghalangi. Ini hanya konsekuensi atas apa yang saya pilih. Saya juga tidak mau seperti ini. Hanya saya butuh memahami dirimu dan yang lainnya, sebagai manusia. Saya butuh untuk beberapa waktu berpikir. Dan hasilnya. Saya belum berhasil menjadi pemimpin bahkan manusia yang baik.

Andai saja ada kesempatan mengulang waktu, tentu saja saya ingin memulai dari awal lagi dengan harapan bertemu diri saya yang lebih baik lagi di masa lalu. Menapaki jalan panjang nan terjal dengan senyum terindah yang pernah saya miliki. Tanpa lelah. Merasakan dentuman jantung ini di setiap langkah. Merasainya lebih dalam dan menikmati. Hingga sadar bahwa hidup ini terlalu indah untuk dilewati dengan kemurungan. Dan tetaplah tersenyum. Karena hanya itu keindahan yang bisa saya rasakan dari dunia ini.

Inilah akhir dari beberapa ikatan yang telah kita bangun. Tapi, bukan akhir dari segalanya. Karena kita sedang membangun ikatan lainnya. Lebih erat lagi. Membentuk simpul-simpul yang akan sangat sulit dilepaskan, untuk saya di masa depan. Kita akan menerjang masa depan. Tak pedulikan peluh yang semakin menelikung di badan. Untuk saya di masa depan, semoga saya selalu tercerahkan dan menggenggam kemenangan.

Jatinangor, 6 Desember 2010

Tinggalkan Balasan

