Gathering, Sekali lagi……

“Jika sebelum hari ini saya mengandaikan diri saya sebagai bangsa Arab pada zaman jahiliyah, maka setelah hari ini saya menyatakan bahwa saya yang sekarang adalah bangsa Arab yang hidup setelah nabi Muhammad tiba. Dan jika sebelum hari ini, saya adalah bangsa Eropa pada zaman kegelapan, maka saya yang sekarang adalah bangsa Eropa setelah Renaissance.” (Satu hari setelah Gathering itu)

Inilah kalimat yang saya ucapkan setelah aksi “konkret” untuk lingkungan, yaitu dengan penanaman pohon massal yang saya lakukan bersama sekitar 140an orang yang tergabung dalam Pertamina Foundation. Tidak hanya penerima, namun yang memberikan juga ikut melakukannya. Banyak hal yang melatarbelakangi saya untuk berkata seperti itu. Intinya, saya merasa menjadi manusia yang tercerahkan setelah mengikuti agenda terbesar pertama yang dilakukan oleh pengurus Pertamina Foundation (dahulu YKPP Pertamina) sampai saat ini.

Rasanya, terbayar sudah pertentangan dalam perjalanan hati saya yang terus menentangkan apakah saya ikut Gathering di Bogor, atau ikut kuliah terakhir beberapa mata kuliah, sebelum Ujian Akhir Semester. Juga, pertikaian rasa malas untuk bangun pagi dan berdingin-dinginan, untuk berkumpul bersama teman-teman di kampus DU, pada hari pemberangkatan. Semua pertikaian itu tergantikan perdamaian yang mengesankan dan memaksa diri saya untuk terus berucap terima kasih ya Allah, skenariomu ini begitu indah.

Menyenangkan sekali bertemu dengan seluruh kawan-kawan penerima beasiswa Pertamina Foundation yang hadir pada saat itu. Melihat generasi masa depan bangsa, yang membuat diri saya seakan kecil, berada di tengah-tengah mereka.

bersambung…….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s