Selamat Jalan, Chavez

Begitulah adanya. Anda mendapat giliran menghadap yang Kuasa. Di dunia ini, hampir sebagian mengenal anda. Apalagi rakyat anda di sebuah negara kaya minyak di Amerika Selatan sana. Dan yang saya tahu, anda orang baik. Bagi saya, anda hanya ingin menyampaikan kebenaran. Anda hanya ingin rakyat anda sejahtera. Anda melawan hegemoni yang membuat rakyat anda dulu menderita. Meskipun saat ini masih banyak yang hidup susah, tapi kondisi sekarang harusnya jauh lebih baik. Terkadang saya bingung, anda menjalankan Pasal 33 dasar konstitusi negara saya dengan sangat tegas, sementara di negara saya, pasal itu diinjak-injak, tak pernah dianggap. Ahh, mungkin juga pasal seperti itu ada dalam konstitusi negara anda. Mudah-mudahan, pengganti anda adalah orang yang juga baik dan berani menyampaikan kebenaran. Tahun depan negara saya akan dapat presiden baru. Anda tak sempat bertemu dengannya.

*selepas kereta kelas ekonomi, di negara yang sedang dikuasai para Kurawa

6 Maret 2013, Depok.

Tinggalkan Balasan

