Rusia 5 Menit

 

Federasi Rusia, atau Rusia, adalah salah satu negara terbesar di dunia. Rusia menempati wilayah seluas 17,1 juta km persegi dan berada di wilayah Eurasia, yaitu di sebelah timur benua Eropa dan di sebelah utara benua Asia. Saat ini, penduduk Rusia mencapai 145,3 juta orang.

Federasi Rusia terbagi ke dalam 89 subyek federasi, 21 diantaranya memiliki pemerintahan tersendiri (disebut Republik, hampir sama dengan daerah otonomi di Indonesia), yakni Republik Altai, Republik Tatarstan, Republik Sakha (Yakuts), Republik Karel, dll. Ibukota Rusia adalah Moskow. Bahasa utamanya yaitu bahasa Rusia dengan mata uang Rubel.

Federasi Rusia menganut sistem Presidensial. Artinya, presiden merupakan kepala pemerintahan yang dipilih oleh seluruh warga negara Rusia untuk waktu 4 tahun. Siapa saja dapat dipilih sebagai Presiden Rusia, dengan syarat : warga negara Rusia yang berusia sekurang-kurangnya 35 tahun, dan menetap di Rusia tidak kurang dari 10 tahun.

Sistem pembagian kekuasaan di Rusia terbagi ke dalam 3 cabang, yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Apa yang dimaksud dengan kekuasaan legislatif? Apa yang dilakukan oleh legislatif? Kekuasaan legislatif di Rusia diwujudkan dalam Perhimpunan Federasi (parlemen). Perhimpunan Federasi terdiri dari Dewan Federasi dan Duma. Parlemen menyusun dan menerima usulan pembuatan Undang-undang.

Apa itu kekuasaan eksekutif? Apa yang dikerjakannya? Kekuasaan eksekutif diwujudkan oleh pemerintah. Pemerintah melaksanakan undang-undang yang sudah disetujui oleh Presiden dan Parlemen. Terakhir, apa yang dimaksud dengan kekuasaan yudikatif? Yudikatif melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang yang dilaksanakan oleh seluruh organisasi dan lembaga negara. Di Rusia, Mahkamah Agung memiliki kekuasaan tertinggi.

(Diterjemahkan dari buku “Perjalanan ke Rusia”, St.Peterburg, 2006)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s