Ayah

Namaku I. Malam ini, setelah menghabiskan secangkir kopi hitam, aku merasa ingin menulis. Aku hanya ingin menulis tentang ayahku. Hanya cerita biasa tentang seorang ayah yang sudah dua tahun tidak bertemu denganku.

Malam itu, hari kedua setelah lebaran dua tahun yang lalu, aku berjalan bersama ayah dan ibuku. Seperti tahun-tahun sebelumnya, di hari lebaran kedua, ayah dan ibuku selalu mengajak untuk berkunjung ke rumah satu orang omku dan tiga orang tanteku, semuanya adalah kakak dari ibuku. Mereka tinggal di sekitar B. Selepas isya kami pamit pulang menuju stasiun K untuk menaiki kereta yang akan mengantar kami ke stasiun di dekat rumah. Perlu kalian tahu, pengelolaan kereta api pada masa itu belum sebaik ketika aku menulis tulisan ini. Tapi, aku tidak ingin menulis tentang itu, kawan. Aku ingin menulis tentang ayah, ayahku.

Saat itu, belumlah terlalu malam. Namun suasana jalan masih tampak lengang karena sebagian besar orang (mungkin) masih berada di kampung halamannya. Angkot yang membawa kami ke stasiun pun tampak sepi. Seingatku, hanya aku, ayah, ibu, serta seorang laki-laki tua yang turun di sekitar jalan menuju BKT. Seusai turun dari angkot merah, kami pun bersama-sama menyeberang jalan melalui zebra cross yang melintang tak jauh dari stasiun. Ibu, paling kiri, aku di tengah, dan ayah di ujung kanan.

Seperti yang selalu dilakukan ketika menyeberang, ibuku melambaikan tangan sebagai isyarat kepada pengemudi kendaraan bermotor untuk sejenak memperlambat laju kendaraannya. Hampir seluruh pengendara pun mengerti akan hal itu, kecuali seorang yang membawa mobil mewah (seingatku buatan Jerman), yang bagian depan mobilnya hampir menabrak ibuku. Sayangnya dia tak berhasil, karena kami sudah sampai di seberang.

Aku yang melihat ibuku hampir ditabrak, tentu saja marah. Kupanggil dan kuteriaki dia untuk berhenti. Bukan karena sok jagoan, kawan. Tapi saat itu aku hanya merasa bahwa aku harus membela ibuku. Dia pun memperlambat laju kendaraannya dan membuka jendela, kemudian menjawab teriakanku : “Kenapa, hah?’. Arogan sekali, kawan. Kulihat di sebelahnya ada seorang perempuan yang berusaha menenangkannya, kurasa pacarnya. Aku pun berbalik hendak menghampiri mobilnya. Aku siap jika saat itu harus berkelahi, meski aku tidak tahu siapa orang yang akan kuhadapi itu. Sekalipun dia anak presiden, ibuku harus dibela.

Namun, baru saja aku hendak melangkah menghampiri orang itu, ayahku menahan tanganku. Dia berkata : “Sudahlah, jangan. Tidak usah.” Entah mengapa, aku menuruti permintaannya. Aku segera mengamit tangan ibuku untuk masuk ke dalam stasiun. Ketika kami sudah membeli tiket dan duduk di bangku sambil menunggu kereta, ayahku hanya berkata : “Wah, galak juga kamu ya”. Dia berkata sambil tersenyum. Aku tak mengerti maksudnya dan hanya diam sekaligus berusaha untuk menghilangkan sisa-sisa rasa kesal yang masih ada.

Itulah ingatanku tentang ayah di lebaran terakhir kami bersama-sama. Ayahku, yang selalu kupanggil papa, meskipun ketika bicara denganku dia selalu memanggil dirinya dengan sebutan “ayah”. Ketika berjalan bersamaku atau ketika aku sedang ada di rumah, dia termasuk orang yang pendiam. Aku jadi teringat masa-masa kecilku bersamanya. Saat itu, ayahku masih bekerja. Seringkali kami sekeluarga pergi liburan bersama-sama. Aku selalu menunggu waktu liburan ketika kami biasa pergi ke A, untuk sekedar berenang atau melihat lumba-lumba terlatih yang mahir melompati lingkaran api. Untuk anak seusiaku, momen-momen itulah yang selalu membuatku bahagia. Mungkin, aku tak seberuntung anak-anak lain. Ketika kehidupan perekonomian di negaraku mulai di ambang kehancuran, ayahku termasuk salah satu yang harus berhenti dari pekerjaannya. Itu terjadi ketika aku masih sangat kecil dan belum mengerti situasi apa yang sebenarnya saat itu terjadi. Yang kuingat, kami harus pindah jauh dari J, dan mengontrak sebuah rumah petak kecil dengan satu kamar yang harus kami tempati berlima. Warisannya kepadaku hanya satu, dan itu sangat berharga bagiku. Kesabaran dengan terus menerus berusaha. Untuk soal yang satu ini, bagiku dia juaranya.

Ayahku. Ketika aku masih kecil, masih Sekolah Dasar, ayah sering mengajakku bertamu ke rumah saudara-saudara ataupun ke kantor teman-temannya. Aku selalu senang jika diajak olehnya, karena pasti ketika pulang berkunjung, aku selalu dikasih uang. Saat itu, aku belum mengerti makna menjalin ikatan persaudaraan dan persahabatan. Mungkin itu wajar bagi anak seusiaku. Apalagi aku juga menggunakan uang-uang itu hanya untuk membeli mainan-mainan kesukaanku. Silakan kalian menilai sendiri, kawan.

Ayahku. Dia selalu menemaniku ketika aku ingin bermain tamiya, mobil mainan dari Jepang, yang harus dirakit terlebih dahulu untuk memainkannya. Hal ini dilakukannya agar setelah selesai bermain, aku mau ikut dengannya ikut mengaji bersama gurunya. Tentu saja, ketika itu aku hanya duduk mendengarkan dan hampir tidak mengerti apa yang sedang dibicarakan. Yang aku ingat, kitab yang sering dibawa ayahku itu memiliki kertas yang berwarna kuning, seperti buku-buku yang sudah kuno. Baru kutahu kemudian bahwa kertas-kertas tersebut memang demikian adanya, bukan karena faktor usia.

Pernah suatu kali, ketika aku sudah SMA, sekolahku mengundang orangtuaku untuk bertemu di sekolah karena aku termasuk ke dalam anak-anak yang ikut menyerang sekolah lain saat merayakan ulang tahun sekolahku. Aku tak ingin ibuku tahu. Aku tak ingin membuatnya kecewa terus menerus dengan kenakalanku. Ibuku sudah terlalu lelah berjuang sendirian. Lain kali aku ceritakan kisahnya, kawan. Akhirnya, aku rela berdesak-desakkan di pintu kereta ke D, hanya untuk bertemu ayahku, agar dia saja yang datang. Dan ayahku, tanpa sedikitpun memarahiku menyatakan kesediannya untuk memenuhi panggilan itu dengan syarat aku tidak boleh mengulangi perbuatanku. Sayangnya, aku tak pernah benar-benar memenuhi permintaan ayahku itu. Hingga lulus SMA, aku seringkali mengulangi kenakalanku itu.

Ayahku. Dia yang kukenal selalu baik terhadap kakak dan adik-adiknya. Dialah yang selalu diminta untuk menjadi penengah jika ada perselisihan di antara saudara-saudaranya. Dia pula yang selalu dimintakan nasihat. Aku senang dan bangga akan hal ini. Ayahku, yang bagi sebagian orang sering disebut ayah yang “kurang berhasil”, bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Ketika aku sudah mulai kuliah di J, aku mulai jarang bertemu ayahku. Setiap kali aku pulang, dia tetaplah pendiam ketika bersamaku. Begitupun ketika aku mulai meniti karir sebagai anak magang di sebuah yayasan. “Jangan lupa shalat 5 waktu”, hanya kalimat itu yang seringkali kudengar darinya. Beberapa kali dia juga bertanya tentang siapa wanita yang dekat denganku saat itu. Seringkali aku hanya menjawab dengan isyarat melalui kepalaku saja, karena memang aku tidak tahu bagaimana harus menjawabnya. Mudah-mudahan saat ini pun aku belum mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan itu.

Terakhir kali aku bertemu ayahku adalah ketika aku akan merantau, pergi jauh dari tempat kelahiranku. Ayahku ikut mengantarku ke bandara S. Saat itu, kami sempat makan bersama dan aku pun menyempatkan bersenda gurau dengannya. Ketika aku bersiap untuk ke ruang tunggu untuk naik pesawat, aku pun berpamitan dengannya seraya mencium tangan dan memeluk erat tubuh besarnya. Aku tidak tahu, bahwa hari itu adalah hari terakhir kami bisa bertatap muka. Di rantau, aku lebih banyak menghubungi ibuku. Jarang sekali aku menghubungi ayahku. Di ulang tahun terakhirnya, aku mengirimkan uang melalui ibuku agar ayah dibelikan baju baru. Hingga akhirnya, di ramadhan tahun lalu, saat itu aku sedang di masjid, karena memang hari Jum’at dan aku sedang tinggal sementara di masjid itu. Di telepon genggamku ada pesan yang dikirim dari tanteku yang tinggal di J. Aku membacanya setelah selesai shalat, tanteku berkata bahwa ayahku sedang pergi, dan untuk sementara tidak bisa bertemu denganku. Tidak lama kemudian, sepupuku (anak dari tanteku yang menulis pesan) menelponku untuk menegaskan berita itu. Seketika itu pun aku mencari tempat sepi di dalam masjid. Aku bangkit untuk shalat. Selesainya, aku sempat menangis, terisak. Namun, itu tak lama. Pikirku, tak ada manfaatnya aku bersedih terlalu lama, karena Allah pasti sedang menjamunya dengan jamuan yang terbaik, karena aku yakin bahwa ayahku termasuk tamuNya yang terbaik. Dan untukku, dialah ayah yang terbaik.

Jakarta, 5 Agustus 2015

Tinggalkan Balasan

